BAB II
PEMBAHASAN
A. Landasan Teori
a. Pengertian Disiplin Kerja Pegawai
Secara etimologis disiplin berasal dari bahasa inggris “
disciple” yang berarti pengikut atau penganut pengajaran. Latihan dan
sebagainya. Dispilin merupakan suatu keadaan tertentu dimana orang-orang yang
tergabung dalam organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang ada dengan rasa
senang hati. Sedangkan kerja adalah segala aktivitas manusia yang dilakukan
untuk menggapai tujuan yang telah ditetapkannya.
Menurut Hasibuan (2005: 193-194)
Kedisiplinan merupakan fungsi operatif MSDM yang terpenting karena semakin baik
disiplin karyawan, semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapainya. Tanda
disiplin karyawan baik, sulit bagi organisasi perusahaan mencapai hasil yang
optimal. Disiplin yang baik mencerminkan besarnya rasa tanggung jawab seseorang
terhadap tugastugas yang diberikan kepadanya. Hal ini mendorong gairah kerja, semangat
kerja, dan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat. Oleh karena
itu, setiap manajer selalu berusaha agar para bawahannya mempunyai disiplin
yang baik. Seorang manajer dikatakan efekif dalam kepemimpinannya, jika para
bawahannya berdisiplin baik. Untuk memelihara dan meningkatkan kedisiplinan
yang baik adalah hal yang sulit, karena banyak faktor yang mempengaruhinya.
Sikap dan perilaku yang demikian tercipta melalui proses
binaan melalui keluarga, pendidikan, dan pengalaman atau pengenalan dari
keteladanan dari lingkungannya. Disiplin akan membuat dirinya tahu mebedakan
hal-hal apa yang seharusnya dilakukan yang wajib dilakukan, yang boleh
dilakukan, yang tak sepatutnya dilakukan (karena merupakan hal-hal yang
dilarang).
Prijodarminto (1993:16) berpendapat “Displin berbagi pada tiga
aspek yaitu sikap mental, pemahaman, dan sikap kelakuan, diuraikan sebagai
berikut:
a. Sikap mental (mental
attitude), yang merupakan sikap taat dan tertib sebagai hasil atau
pengembangan dari latihan, pengendalian pikiran pikiran dan pengendalian watak;
b.
Pemahaman yang baik mengebai system aturan perilaku , norma, kriteria, dan
standar yang sedemikian rupa sehingga pemahaman tersebut menumbuhkan pengertian
yang mendalam atau kesadaran, bahwa ketaatan akan aturan, norma, criteria dan
standar tadi merupakan syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan (sukses);
c.
Sikap
kelakuan yang secara wajar menunjukkan kesanggupan hati, untuk mentaati segala
hal secara cermat dan tertib.
Dalam sebuah
organisasi, diperlukan sebuah pembinaan bagi pegawai untuk mencegah terjadinya
pelanggaran terhadap ketentuan yang telah ditetapkan. Dan seorang pemimpin
memerlukan lat untuk melakukan komunikasi dengan para karyawannya mengenai
tingkah laku para pegawai dan bagaimana memperbaiki perilaku para pegawai
menjadi lebih baik lagi.
Menurut Malayu S.P
Hasibuan (1996:212) bahwa “Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan
seseorang mentaati semua peraturan perusahaan dan norma-norma yang berlaku”.
Berdasarkan pada
pengertian tersebut di atas, maka tolok ukur pengertian kedisiplinan kerja
pegawai adalah sebagai berikut :
1. Kepatuhan
terhadap jam-jam kerja.
2. Kepatuhan
terhadap instruksi dari atasan, serta pada peraturan dan tata tertib yang
berlaku.
3. Berpakaian
yang baik pada tempat kerja dan menggunakan tanda pengenal instansi.
4. Menggunakan
dan memelihara bahan-bahan dan alat-alat perlengkapan kantor dengan penuh
hati-hati.
5. Bekerja dengan
mengikuti cara-cara bekerja yang telah ditentukan.
Dengan demikian, maka disiplin kerja merupakan
praktek secara nyata dari para pegawai terhadap perangkat peraturan yang
tedapat dalam suatu organisasi. Dalam hal ini disiplin tidak hanya dalam bentuk
ketaatan saja melainkan juga tanggung jawab yang diberikan oleh organisasi,
berdasarkan pada hal tersebut diharapkan efektifitas pegawai akan meningkat dan
bersikap serta bertingkah laku disiplin. Apabila sebagian besar pegawainya
mentaati segala peraturan yang telah ditetapkan, maka disiplin pegawai sudah
dapat ditegakan.
Tujuan disiplin bagi guru di sekolah adalah untuk dapat meningkatkan
kualitas, atau mutu pendidikan pada suatu sekolah. Karena dengan adanya suatu
peraturan, tata tertib, norma-norma dan ketentuan-ketentuan yang harus ditekuni
dan ditaati serta dilaksanakan oleh guru disekolah, maka sekolah tersebut akan
lebih baik dan sempurna. Disamping itu disiplin dapat meningkatkan mutu
pendidikan dan pengajaran, hal ini disebabkan karena adanya suatu ketertiban
dan keteraturan. Berdasarkan uraian di atas dapatlah dikatakan bahwa tanpa
disiplin disekolah kmungkinan tujuan pendidikan dan pengajaran tidak akan
tercapai, dengan tidak tercapainya tujuan pndidikan da pengajaran, maka mutu
pendidikan akan merosot, justru itu dapat dikatakan bahwa tujuan disiplin bagi
guru disekolah adalah untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan dan mutu
sekolah, untuk mncapai tujuan pendidikan dan pengajaran serta untuk mengarahkan
sekolah tersebut kearah yang lebih baik dan sempurna.
Agar berbagai tujuan pendisiplinan
seperti telah disinggung di atas tercapai, pendisiplinan harus diterapkan
secara bertahap adalah dengan mengambil berbagai langkah yang bersifat
pendisiplinan, mulai dari yang paling ringan hingga kepada yang terberat,
misalnya dengan :
1.
Peringatan lisan
2.
Pernyataan tertulis
ketidakpuasan oleh atasan langsung
3.
Penundaan kenaikan gaji
secara berkala
4.
Penundaan kenaikan
pangkat
Untuk
tercapainya tujuan diatas, maka di sekolah yang sebaik mungkin, serta disiplin
yang diterapkan itu harus jelas fungsi dan tujuanya apakah tujuan tersebut
diarahkan kepada guru, atau siswa, karena tidak akan berjalan dan tercapai
tujuan dengan cara memaksa atau kekerasan. Ketertiban tercapai bukan dengan
kekerasan atau dengan paksaan dari guru, melainka karena patuh akan peraturan,
ketertiban akan tetap mereka pelihara sekalipun tidak ada guru di dalam kelas
yang menguasai mereka, anak-anak itu akan sanggup mendisiplinkan dirinya
sendiri dan dengan itu mereka telah melangkah kearah kedewasaan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa tujuan disiplin bagi guru
di sekolah memegang peranan yang sangat penting yang bertujuan untuk
membimbing, membina dan mengarahkan sekolahnya ketingkat yang lebih tinggi dan
sempurna.
Kedisiplinan diperlukan oleh setiap orang dimana saja ia berada, baik di kantor, di asrama, di rumah dan disekolah-sekolah sebaga lembaga pendidikan formal. Disiplin dibutuhkan dalam pergaulan sehari-hari di sekolah dalam hubunganya antara siswa dengan siswa, guru dengan guru siswa dengan grunya supaya segala sesuatu dapat berjalan dengan baik sebagaiana yang diharapkan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Guru bersama siswa melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.
Dengan demikian untuk tercapainya disiplin bagi guru di sekolah diperlukan diperlukan kerja sama antara guru dan murid serta pihak lain yang turut mendukung dan membina tentang rencana dan program yang akan dijalankan ol guru, karena tidak mungkin tercapai tujuan sesuatu jika tidak ada kerja sama secara terpadu yang saling dukung mendukung demi untuk tercapainya disiplin bagi guru di sekolah. Guru diharapkan mempunyai kmauan dan kemampuan yang inggi dalam dunia pendidikan, dan punya tanggung jawab yang tinggi untuk dapat tercapainya disiplin yang baik.
Kedisiplinan diperlukan oleh setiap orang dimana saja ia berada, baik di kantor, di asrama, di rumah dan disekolah-sekolah sebaga lembaga pendidikan formal. Disiplin dibutuhkan dalam pergaulan sehari-hari di sekolah dalam hubunganya antara siswa dengan siswa, guru dengan guru siswa dengan grunya supaya segala sesuatu dapat berjalan dengan baik sebagaiana yang diharapkan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Guru bersama siswa melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.
Dengan demikian untuk tercapainya disiplin bagi guru di sekolah diperlukan diperlukan kerja sama antara guru dan murid serta pihak lain yang turut mendukung dan membina tentang rencana dan program yang akan dijalankan ol guru, karena tidak mungkin tercapai tujuan sesuatu jika tidak ada kerja sama secara terpadu yang saling dukung mendukung demi untuk tercapainya disiplin bagi guru di sekolah. Guru diharapkan mempunyai kmauan dan kemampuan yang inggi dalam dunia pendidikan, dan punya tanggung jawab yang tinggi untuk dapat tercapainya disiplin yang baik.
b. Jenis-Jenis Disiplin
Sebagaimana di
ketahui bahwa banyak jenis disiplin yang diterapkan oleh setiap orang di
mana saja ia berada menurut tujuan yang ingin dicapai masing-masing. Juga dalam
dunia pendidikan banyak jenis disiplin yang diterapkan oleh guru di sekolah
yang tujuannya adalah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran, serta
untuk mempertinggi mutu pendidikan. Jenis-jenis disiplin tersebut adalah :
1.
Disiplin mengenai waktu
Waktu dalam kehidupan manusia sangatlah penting dan berharga, waktu tidak pernah berhenti menunggu kita, oleh sebab itu dalam kehidupan siapa saja berada selalu harus menjaga dan menggunakan waktu sebaik mungkin. Oleh karena itu bagi guru di sekolah mengatur peraturan dan tata tertib yang sebaik mungkin tentang segala aspekyang berhubugan mengenai waktu, apakah waktu istirahat meupun mengenai kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman sangatlah penting.
Mengenai tata tertib kehadiran gruru dan pegawai lainnya diadakan absen, sedangkan untuk siswa juga harus di adakan absen jika terlambat, berarti melanggar tata tertib,ia harus menerima sanksi atau ganjaran yang setimpal atau yang sudah ditentukan sebelumnya.
Dari penjelasan di atas dapatlah disimpulkan bahwa waktu itu adalah penting dalam kehidupan, karena waktulah yang mnentukan sesuatu dan waktu itu tak pernah menunggu orang yang lengah atau dengan kata lain orang yang tidak disiplin. Dengan demikian kedisiplinan di sekolah mngenai waktu harus benar-benar diterapkan demi tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran serta mempertinggi mutu pendidikan.
Waktu dalam kehidupan manusia sangatlah penting dan berharga, waktu tidak pernah berhenti menunggu kita, oleh sebab itu dalam kehidupan siapa saja berada selalu harus menjaga dan menggunakan waktu sebaik mungkin. Oleh karena itu bagi guru di sekolah mengatur peraturan dan tata tertib yang sebaik mungkin tentang segala aspekyang berhubugan mengenai waktu, apakah waktu istirahat meupun mengenai kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman sangatlah penting.
Mengenai tata tertib kehadiran gruru dan pegawai lainnya diadakan absen, sedangkan untuk siswa juga harus di adakan absen jika terlambat, berarti melanggar tata tertib,ia harus menerima sanksi atau ganjaran yang setimpal atau yang sudah ditentukan sebelumnya.
Dari penjelasan di atas dapatlah disimpulkan bahwa waktu itu adalah penting dalam kehidupan, karena waktulah yang mnentukan sesuatu dan waktu itu tak pernah menunggu orang yang lengah atau dengan kata lain orang yang tidak disiplin. Dengan demikian kedisiplinan di sekolah mngenai waktu harus benar-benar diterapkan demi tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran serta mempertinggi mutu pendidikan.
2.
Disiplin guru dan pegawai lainnya
Sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, yang didalmnya terlibat guru dan murid seta pegawai lainnya yang dikoordinir oleh kepala yang lazim disebut sebagai kepala sekolah. Dalam hal ini untuk mencapai tujuan pndidikan di sekolah para guru memegang peranan penting baik sebagai tenaga pendidik maupun sebagai tenaga pengajar di sekolah, maju mundurnya suatu sekolah merupakan tanggung jawab guru dan pegawai lainnya yang diawasi dan dikoordinir oleh seorang kepala sekolah. Untuk menjaga agar mutu pendidikan itu tetap terjaga dan tinggi tujuan pendidikan akan tercapai, guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik selalu berusaha dan menciptakan disiplin dalam segala aspek yang berhubungan dengan sekolah dimana ia bertugas yang menjadi tanggung jawabnya.
Dengan demikian guru pada suatu sekolah merupakan tulang punggung penggerak sekolah dimana ia bertugas untuk mencapai kearah yang lebih baik dan sempurna, untk itu guru harus memiliki sikap, tingkah laku dan kepribadian yang baik dan terpuji serta berwibawa, karena murid atau siswa yang di didik sedikitnya akan seperti gurunya.
Disamping itu guru merupakan tulang punggung untuk menggerakkan dan menciptakan tujuan disuatu sekolah dan tujuan pendidikan. Untuk itu di sekolah diciptakan tatatertib dan peraturan yang cocok dan tepat serta sesuai dengan waktu, tempat dan keadaan.
Agar tercapainya tujuan tersebut dan untuk mempertinggi mutu pendidikan bukan suatu pekerjaan yang mudah, oleh karena itu para guru dan pegawai lainnya yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah, menciptakan berbagai peraturan yang diterapkan untuk para guru dan pegawai lainnya yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah, menciptakan berbagai peraturan yang diterapkan untuk para guru dan pegawai lainnya.
Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa jika guru sudah melakukan tugasnya dengn disiplin sebagaimana yang telah ditentukan sebelumnya maka tujuan akan tercapai sebagaimana mestinya. Disamping iu kepala sekolah tidak mungkin menjaga dan menjalankan semua tugas sekolah sendiri tanpa kerjasama secara terpadu dengan dewan guru, pegawai, siswa dan orang tua murid serta masyarakat sekitarnya secara tertib, teratur, kontinyu dan disiplin.
Sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, yang didalmnya terlibat guru dan murid seta pegawai lainnya yang dikoordinir oleh kepala yang lazim disebut sebagai kepala sekolah. Dalam hal ini untuk mencapai tujuan pndidikan di sekolah para guru memegang peranan penting baik sebagai tenaga pendidik maupun sebagai tenaga pengajar di sekolah, maju mundurnya suatu sekolah merupakan tanggung jawab guru dan pegawai lainnya yang diawasi dan dikoordinir oleh seorang kepala sekolah. Untuk menjaga agar mutu pendidikan itu tetap terjaga dan tinggi tujuan pendidikan akan tercapai, guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik selalu berusaha dan menciptakan disiplin dalam segala aspek yang berhubungan dengan sekolah dimana ia bertugas yang menjadi tanggung jawabnya.
Dengan demikian guru pada suatu sekolah merupakan tulang punggung penggerak sekolah dimana ia bertugas untuk mencapai kearah yang lebih baik dan sempurna, untk itu guru harus memiliki sikap, tingkah laku dan kepribadian yang baik dan terpuji serta berwibawa, karena murid atau siswa yang di didik sedikitnya akan seperti gurunya.
Disamping itu guru merupakan tulang punggung untuk menggerakkan dan menciptakan tujuan disuatu sekolah dan tujuan pendidikan. Untuk itu di sekolah diciptakan tatatertib dan peraturan yang cocok dan tepat serta sesuai dengan waktu, tempat dan keadaan.
Agar tercapainya tujuan tersebut dan untuk mempertinggi mutu pendidikan bukan suatu pekerjaan yang mudah, oleh karena itu para guru dan pegawai lainnya yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah, menciptakan berbagai peraturan yang diterapkan untuk para guru dan pegawai lainnya yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah, menciptakan berbagai peraturan yang diterapkan untuk para guru dan pegawai lainnya.
Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa jika guru sudah melakukan tugasnya dengn disiplin sebagaimana yang telah ditentukan sebelumnya maka tujuan akan tercapai sebagaimana mestinya. Disamping iu kepala sekolah tidak mungkin menjaga dan menjalankan semua tugas sekolah sendiri tanpa kerjasama secara terpadu dengan dewan guru, pegawai, siswa dan orang tua murid serta masyarakat sekitarnya secara tertib, teratur, kontinyu dan disiplin.
3.
Disiplin Siswa
Siswa-siswa adalah sebagai subjek didik yang akan menerima bimbingan, binaan da arahan sejumlah ilmu pengetahuan disekolah dari gurunya, untuk memperoleh itu siswa dalam mengikuti pelajaran harus dalam keadaan aman, tertib, dan teratur, oleh karena itu perlu kiranya untuk terjaminnya ketertiban dan keamanan suatu peraturan tertentu secara disiplin.
Bagaimanapun peraturan dan disiplin diterapkan bagi siswa, tetapi ada juga yang ingin melanggarnya terhadap ketentuan yang telah ditentukan.Hal ini disebabkan oleh jiwa dan tngkah laku siswa yang beraneka ragam, siswa yang bergaul dan tinggal di lingkungan yang beraneka ragam dapat mempengaruhi sikap dan tingkah laku si anak. B. Simanjuntak menjelaskan sebagai berikut :
Lingkungan tempat anak berpijak sebagai mahluk sosial ialah masyarakat. Manusia sebagai mahluk tidak dapat melepaskan dirinya dari masyarakat, anak dibentuk oleh masyarakat an dia sebagai anggota membutuhkan masyarakat. Kalau pembentukan masyarakat itu baik maka akan membawa anak kepada pembentukan tingkah laku yang baik tidak dapat membuat kelakuan seseorang anak menjadi jahat karena anak-anak sifatnya meniru.
Siswa-siswa adalah sebagai subjek didik yang akan menerima bimbingan, binaan da arahan sejumlah ilmu pengetahuan disekolah dari gurunya, untuk memperoleh itu siswa dalam mengikuti pelajaran harus dalam keadaan aman, tertib, dan teratur, oleh karena itu perlu kiranya untuk terjaminnya ketertiban dan keamanan suatu peraturan tertentu secara disiplin.
Bagaimanapun peraturan dan disiplin diterapkan bagi siswa, tetapi ada juga yang ingin melanggarnya terhadap ketentuan yang telah ditentukan.Hal ini disebabkan oleh jiwa dan tngkah laku siswa yang beraneka ragam, siswa yang bergaul dan tinggal di lingkungan yang beraneka ragam dapat mempengaruhi sikap dan tingkah laku si anak. B. Simanjuntak menjelaskan sebagai berikut :
Lingkungan tempat anak berpijak sebagai mahluk sosial ialah masyarakat. Manusia sebagai mahluk tidak dapat melepaskan dirinya dari masyarakat, anak dibentuk oleh masyarakat an dia sebagai anggota membutuhkan masyarakat. Kalau pembentukan masyarakat itu baik maka akan membawa anak kepada pembentukan tingkah laku yang baik tidak dapat membuat kelakuan seseorang anak menjadi jahat karena anak-anak sifatnya meniru.
4.
Disiplin Administrasi sekolah
Dalam adminitrasi sekolah terdapat petugas personal lainnya seperi pemilik sekolah, pngawas sekolah, petugas bimbingan dan penyuluhan, yang kesemuanya ini mempunyai tujuan dan harapan sekolah.Maka untuk itu perlu kiranya dibuat satu peraturan, tata tertib yang jelas dan tegas sehingga tujuan yang diharapkan tidak searah dan tidak kabur.
Disamping itu pimpinan sekolah (kepala sekolah) perlu juga mengawasi dan mengontrol mengenai susunan administrasi yang dilaksanakan oleh tata usaha, agar tujuan dari pada administrasi sekolah itu terarah kepada menunjangnya tujuan dan pengajaran pendidikan.
Jika administrasinya baik pada suatu sekolah, maka sekolah itu akan dapat menciptakan suasana sekolah yang maju dan dapat meningkatkan mutu pendidika itu sendiri.
Dalam adminitrasi sekolah terdapat petugas personal lainnya seperi pemilik sekolah, pngawas sekolah, petugas bimbingan dan penyuluhan, yang kesemuanya ini mempunyai tujuan dan harapan sekolah.Maka untuk itu perlu kiranya dibuat satu peraturan, tata tertib yang jelas dan tegas sehingga tujuan yang diharapkan tidak searah dan tidak kabur.
Disamping itu pimpinan sekolah (kepala sekolah) perlu juga mengawasi dan mengontrol mengenai susunan administrasi yang dilaksanakan oleh tata usaha, agar tujuan dari pada administrasi sekolah itu terarah kepada menunjangnya tujuan dan pengajaran pendidikan.
Jika administrasinya baik pada suatu sekolah, maka sekolah itu akan dapat menciptakan suasana sekolah yang maju dan dapat meningkatkan mutu pendidika itu sendiri.
5.
Disiplin Nasional
Disiplin nasional di sekolah harus diterapkan secara bersama oleh guru untuk menyadarkan bahwa bernegara dengan sifat kebangsaan yang tinggi, sehingga terhindar dari perbedaan suku, ras dan daerah.Unuk ada kesatuan dan persatuan agar tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran.
Peraturan dan ketertiban yang diterapkan guru di sekolah bertujuan untuk mempersatukan siswa dengan siswa, guru dengan guru yang terdiri dari berbagai suku dan daerah.Disamping itu disiplin nasional bertujuan untuk mempertebal semangat kebanggaan bangsa Indonesia.
Dari uraian di atas dapatlah disimpulkan bahwa, disiplin nasional sangat penting bagi setiap warga negara lebih-lebih bagi siswa sebagai generasi penerus bangsa dimasa-masa mendatang, karena negara akan terus maju dan berkembang, jika generasi itu baik dan pandai membawa diri, serta adanya suatu kesatuan yang bulat, sesuai dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.
Disiplin nasional di sekolah harus diterapkan secara bersama oleh guru untuk menyadarkan bahwa bernegara dengan sifat kebangsaan yang tinggi, sehingga terhindar dari perbedaan suku, ras dan daerah.Unuk ada kesatuan dan persatuan agar tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran.
Peraturan dan ketertiban yang diterapkan guru di sekolah bertujuan untuk mempersatukan siswa dengan siswa, guru dengan guru yang terdiri dari berbagai suku dan daerah.Disamping itu disiplin nasional bertujuan untuk mempertebal semangat kebanggaan bangsa Indonesia.
Dari uraian di atas dapatlah disimpulkan bahwa, disiplin nasional sangat penting bagi setiap warga negara lebih-lebih bagi siswa sebagai generasi penerus bangsa dimasa-masa mendatang, karena negara akan terus maju dan berkembang, jika generasi itu baik dan pandai membawa diri, serta adanya suatu kesatuan yang bulat, sesuai dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.
Sedangkan menurut Siagian (2014:305) terdapat dua
jenis pendisiplinan pegawai diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Pendisiplinan Preventif,
adalah pendisiplinan yang bersifat
preventif adalah tindakan yang mendorong para karyawan untuk taat kepada
berbagai ketentuan uang berlaku dan memenuhi standar yang telah ditetapkan.
Keberhasilan penerapan pendisiplinan preventif
terletak pada disiplin para anggota organisasi.
2. Pendisiplinan Korektif,
jika ada tenaga pendidik yang
nyata-nyata telah melakukan pelanggaran atas ketentuan-ketentuan yang berlaku
atau gagal memenuhi standar. Pengenaan sanksi biasanya mengikuti prosedur yang
sifatnya hierarki.
c. Hukum Pelaksananan Disiplin Manajemen
Sumber Daya Manusia
Dalam rangka usaha memelihara kewibawaan
Pegawai Negeri Sipil, serta untuk mewujudkan Pegawai Negeri sebagai Aparatur
Pemerintah yang bersih dan berwibawa diperlukan adanya suatu perangkat Peraturan
Disiplin yang memuat pokok-pokok kewajiban, larangan dan sanksi apabila suatu
kewajiban tersebut tidak ditaati atau adanya suatu pelanggaran-pelanggaran
dalam menjalankan tugas. Adapun yang menjadi dasar-dasar hukum pelaksanaan
disiplin Pegawai Negeri Sipil (Sumber Daya Manusaia) adalah sebagi berikut :
1. Undang-Undang No. 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian
(Lembaga Negara Tahun 1974 No 8, Tambahan Lembaran Negara No 3041).
2. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1974, tentang Pembatasan Kegiatan
Pegawai Negeri dalam Usaha Swasta (Lembaran Negara Nomor 8 Tahun 1974, tambahan
Lembaran Negara Nomor 3201).
3. Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 yaitu tentang Disiplin Pegawai
Negeri Sipi
4. Keputusan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara Nomor 02 Tahun
1999 tentang Ketentuan Pelaksanaan Pegawai Negeri Sipil yang menjadi Anggota
Partai Politik.
5. Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1980 tentang Badan Pertimbangan
Kepegawaian.
6. Surat Edaran Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Nomor 23/SE/1980,
tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
Dasar hukum
pelaksanaan disiplin Pegawai Negeri tersebut di atas, diharapkan memberikan
dukungan atau dorongan agar supaya Pegawai Negeri Sipil bisa melaksanakan tugas
dengan sebaik-baiknya. Namun dasar hukum ini dirasa masih kurang tanpa didukung
oleh sikap dan mental dari para pegawai itu sendiri, oleh karena itu diperlukan
adanya pembinaan para Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah dijelaskan di
dalam penjelasan pasal 12 dari UU No. 43 tahun 1999 yaitu bahwa, agar pegawai negeri
sipil dapat melaksanakan tugasnya secara berdaya guna dan berhasil guna, maka
perlu diatur pembinaan pegawai negeri sipil secara menyeluruh, yaitu suatu
peraturan pembinaan yang berlaku baik bagi pegawai negeri sipil pusat maupun pegawai
negeri sipil yang ada di daerah. Dengan demikian peraturan perundang-undangan
yang berlaku di tingkat pusat akan berlaku di tingkat daerah, kecuali
ditentukan lain. Selain itu perlu dilaksanakan usaha penerbitan dan pembinaan
Aparatur Negara yang meliputi baik struktur, prosedur kerja, fasilitas dan
sarana untuk menunjang Aparatur Negara yang bersih dan berwibawa.
d. Sanksi-Sanksi yang Dilakukan Pihak
Sekolah Jika Ada Tenaga Pendidik yang Tidak Disiplin
Menurut Peraturan Pemerintah No. 53
Tahun 2010 mengenai kewajiban pegawai pada pasal 3, Setiap PNS wajib
mengucapkan sumpah/janji PNS; Mengucapkan sumpah/janji jabatan; Setia dan taat sepenuhnya
kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,
Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Pemerintah; Menaati segala ketentuan
peraturan perundangundangan; Melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada
PNS dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggung jawab; Menjunjung tinggi
kehormatan negara, Pemerintah, dan martabat PNS; Mengutamakan kepentingan
negara daripada kepentingan sendiri, seseorang, dan/atau golongan; Memegang
rahasia jabatan yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus dirahasiakan;
Bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan bersemangat untuk kepentingan negara;
Melaporkan dengan segera kepada atasannya apabila mengetahui ada hal yang dapat
membahayakan atau merugikan negara atau Pemerintah terutama di bidang keamanan,
keuangan, dan materiil; Masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja; Mencapai
sasaran kerja pegawai yang ditetapkan; Menggunakan dan memelihara barang-barang
milik negara dengan sebaik-baiknya; Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada
masyarakat; Membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas; Memberikan kesempatan
kepada bawahan untuk mengembangkan karier; dan Menaati peraturan kedinasan yang
ditetapkan oleh pejabat yang berwenang.
Sedangkan larangan untuk
mendisiplinkan pegawai/guru (sumber daya manusia) dijabarkan pada PP No. 53
pasal 4 Bagian Kedua mengenai larangan. Bahwasanya setiap PNS dilarang:
1. Menyalahgunakan wewenang;
2. Menjadi perantara untuk mendapatkan keuntungan
pribadi dan/atau orang lain dengan menggunakan kewenangan orang lain;
3. Tanpa izin Pemerintah menjadi
pegawai atau bekerja untuk negara lain dan/atau
lembaga atau organisasi internasional;
4. Bekerja pada perusahaan asing,
konsultan asing, atau lembaga swadaya masyarakat
asing;
5. Memiliki, menjual, membeli,
menggadaikan, menyewakan, atau meminjamkan barang-barang baik bergerak atau
tidak bergerak, dokumen atau surat berharga milik negara secara tidak sah;
6. Melakukan kegiatan bersama
dengan atasan, teman sejawat, bawahan, atau orang lain di dalam maupun di luar
lingkungan kerjanya dengan tujuan untuk keuntungan pribadi, golongan, atau
pihak lain, yang secara langsung atau tidak langsung merugikan negara;
7. Memberi atau menyanggupi akan
memberi sesuatu kepada siapapun baik secara
langsung atau tidak langsung dan dengan dalih apapun untuk diangkat dalam
jabatan;
8. Menerima hadiah atau suatu
pemberian apa saja dari siapapun juga yang berhubungan dengan jabatan dan/atau
pekerjaannya;
9. Bertindak sewenang-wenang
terhadap bawahannya;
10. Melakukan suatu tindakan atau
tidak melakukan suatu tindakan yang dapat
menghalangi atau mempersulit salah satu pihak yang dilayani sehingga
mengakibatkan kerugian bagi yang dilayani;
11. Menghalangi berjalannya tugas
kedinasan;
12. Memberikan dukungan kepada
calon Presiden/Wakil Presiden, Dewan Perwakilan
Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
dengan
cara: ikut serta sebagai pelaksana kampanye; menjadi peserta kampanye
dengan
menggunakan atribut partai atau atribut PNS; sebagai peserta kampanye
dengan
mengerahkan PNS lain; dan/atau sebagai peserta kampanye dengan
menggunakan
fasilitas negara;
14. Memberikan dukungan kepada
calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atau calon Kepala Daerah/Wakil Kepala
Daerah dengan cara memberikan surat dukungan disertai foto kopi Kartu Tanda Penduduk atau
Surat Keterangan Tanda Penduduk sesuai peraturan perundangundangan; dan
15. Memberikan dukungan kepada
calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah.
Jika larangan tersebut
dilanggar, maka pegawai / PNS akan dikenai hukuman disiplin. Jenis hukuman
disiplin ada tiga jenis, hukuman disiplin ringan, sedang, dan berat. Sebagai
berikut:
a.
Jenis hukuman disiplin ringan terdiri dari :
1)
Teguran lisan;
2)
Teguran tertulis; dan
3)
Pernyataan tidak puas secara tertulis.
b.
Jenis hukuman sedang terdiri dari :
1) Penundaan
kenaikan gaji berkala selama 1 (satu) tahun;
2) Penundaan
kenaikan pangkat selama 1 (tahun) tahun; dan
3) Penurunan pangkat
setingkat lebih rendah selama 1 (satu) tahun.
c.
Jenis hukuman disiplin berat terdiri dari :
1)
Penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 (tiga) tahun;
2)
Pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah;
3)
Pembebasan dari jabatan;
4)
Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS;
5)
Pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS.
Jika ada tenaga pendidik yang kedapatan
melanggar tata tertib dan tidak disiplin dalam bekerja, maka ditindak lanjuti
dengan tegas. Akan diberikan sanksi-sanksi dan pemberian sanksi tersebut akan
dilihat dari berat atau tidaknya pelanggaran yang dilakukan.
Peringatan-peringatan atau sanksi yang akan di berikan adalah sebagai berikut :
1.
Peringatan lisan,
peringatan lisan adalah peringatan berupa teguran-teguran yang dilakukan atasan
kepada bawahan.
2.
Pernyataan tertulis,
peringatan tertulis adalah peringatan melalui surat tembusan yang diberkan dari
atasan kepaada bawahannya.
3.
Penundaan kenaikan
gaji, penundaan kenaikan gaji dilakukan apabila guru atau pegawai telah
melakukan pelanggaran yang berat dan berkala.
4.
Penundaan kenaikan
pangkat, pegawai yang melakukan pelanggaran secara berat akan diberikan sanksi
yang berat pula yaitu dilakukan penundaan kenaikan pangkat.
e. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Disiplin Bagi Guru Di Sekolah
Tiap usaha dan tindakan yang
dilakukan orang dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu untuk mencapai tujuan
tertentu pula. Begitu pula halnya dengan guru di sekolah, menerapkan disiplin
di sekolah mempunyai tujuan yang ingin dicapai dan dipengaruhi oleh
faktor-faktor tertentu. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin bagi
guru disekolah secara umum terdiri dari dua faktor sebagai berikut :
a. Faktor yang
berasal dari dalam diri guru.
Faktor dari dalam diri guru adalah faktor yang timbul dari dalam diri sendiri dimana faktor tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap kedisiplinan guru di sekolah, faktor tersebut adalah faktor psikologis. Faktor ini adalah faktor yang berwujud kepribadian, pikiran, ingatan. Dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi kedisiplinan seorang guru di sekolah, adapun yang termasuk dalam faktor ini adalah kepribadian, motivasi, Intelegensi, yang menurut Ibrahim Husin merumuskan sebagai berkut : “murid yang melanggar disiplin, misalnya anak-anak yang sering ribut dalam kelas, sering mengganggu temannya, tidak melakukan tugasnya, sering membolos, melawan guru sudah tentu tidak tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan”.
Maka dapat disimpulkan bahwa intelegensi guru rendah dapat membuat siswa bosan terhadap pelajaran yang diberikan, sebaliknya jika intelegensi guru tinggi maka suasana kelas akan tercapai, maka tujuan pendidikan akan tercapai sebagaimana yang diharapkan.
Faktor dari dalam diri guru adalah faktor yang timbul dari dalam diri sendiri dimana faktor tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap kedisiplinan guru di sekolah, faktor tersebut adalah faktor psikologis. Faktor ini adalah faktor yang berwujud kepribadian, pikiran, ingatan. Dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi kedisiplinan seorang guru di sekolah, adapun yang termasuk dalam faktor ini adalah kepribadian, motivasi, Intelegensi, yang menurut Ibrahim Husin merumuskan sebagai berkut : “murid yang melanggar disiplin, misalnya anak-anak yang sering ribut dalam kelas, sering mengganggu temannya, tidak melakukan tugasnya, sering membolos, melawan guru sudah tentu tidak tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan”.
Maka dapat disimpulkan bahwa intelegensi guru rendah dapat membuat siswa bosan terhadap pelajaran yang diberikan, sebaliknya jika intelegensi guru tinggi maka suasana kelas akan tercapai, maka tujuan pendidikan akan tercapai sebagaimana yang diharapkan.
2.
Faktor yang berasal dari luar diri
guru.
Adalah faktor yang berasal dari luar diri guru itu sendiri seperti lingkungan, pendidikan dan sebagainya. Adapun faktor itu dapat dibagi lagi antara lain :
a. Faktor pendidikan
Kedisiplinan guru di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor, namun faktor yang sangat penting adalah pribadi guru. Baik tidaknya disiplin di sekolah sangat tergantung guru itu sendiri. Faktor pendidikan guru juga mempengaruhi kedisiplinan di sekolah, karena mengenai pengetahuan yang diperoleh oleh guru yang satu dengan yang lain tetap berbeda, karena menurut bidangnya masing-masing, misalnya seorang guru dia mempunyai disiplin ilmu mengenai sejarah, tetapi di sekolah tersebut oleh kepala sekolah atau pihak lain yang berwenang menyuruh ia mengajar Bahasa Inggris atau Matematika, jelas hal ini tidak sesuai, sehingga terjadi kontradiksi didalam jiwanya, apalagi pihak murid.
Jika terjadi hal yang demikian maka proses belajar mengajar tidak berjalan dengan lancar, karena hal ini dapat membosankan baik dipihak guru maupun dipihak murid.
b. Tempat Tinggal dan Keluarga
Tempat tinggal guru dapat juga mempengaruhi kedisiplinan disekolah, karena jika guru yang mengajar pada suatu sekolah yang tempat tinggalnya jauh dengan sekolah dimana ia ditugaskan, kecenderungan ia akan terlambat apalagi transportnya agak sulit.
c. Kebutuhan
Seorang gurun yang gajinya sekedar memenuhi kebutuhan pokok, sedangkan lainnya terpaksa mencari diluar dinas. Apalagi guru tersebut mempunyai tanggung jawab yang besar maka dengan sendirinya ia harus mengutanamakan pekerjaan diluar dinas untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehingga ia sering melanggar ketentuan sekolah atau kurang disiplin.
Adalah faktor yang berasal dari luar diri guru itu sendiri seperti lingkungan, pendidikan dan sebagainya. Adapun faktor itu dapat dibagi lagi antara lain :
a. Faktor pendidikan
Kedisiplinan guru di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor, namun faktor yang sangat penting adalah pribadi guru. Baik tidaknya disiplin di sekolah sangat tergantung guru itu sendiri. Faktor pendidikan guru juga mempengaruhi kedisiplinan di sekolah, karena mengenai pengetahuan yang diperoleh oleh guru yang satu dengan yang lain tetap berbeda, karena menurut bidangnya masing-masing, misalnya seorang guru dia mempunyai disiplin ilmu mengenai sejarah, tetapi di sekolah tersebut oleh kepala sekolah atau pihak lain yang berwenang menyuruh ia mengajar Bahasa Inggris atau Matematika, jelas hal ini tidak sesuai, sehingga terjadi kontradiksi didalam jiwanya, apalagi pihak murid.
Jika terjadi hal yang demikian maka proses belajar mengajar tidak berjalan dengan lancar, karena hal ini dapat membosankan baik dipihak guru maupun dipihak murid.
b. Tempat Tinggal dan Keluarga
Tempat tinggal guru dapat juga mempengaruhi kedisiplinan disekolah, karena jika guru yang mengajar pada suatu sekolah yang tempat tinggalnya jauh dengan sekolah dimana ia ditugaskan, kecenderungan ia akan terlambat apalagi transportnya agak sulit.
c. Kebutuhan
Seorang gurun yang gajinya sekedar memenuhi kebutuhan pokok, sedangkan lainnya terpaksa mencari diluar dinas. Apalagi guru tersebut mempunyai tanggung jawab yang besar maka dengan sendirinya ia harus mengutanamakan pekerjaan diluar dinas untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehingga ia sering melanggar ketentuan sekolah atau kurang disiplin.
B. Hasil Observasi
·
Lokasi observasi
Dalam observasi inipenulis mengambil lokasi di SMK Negeri 2 Kediri,
yang berlokasi di Jalan Veteran No. 7 Kediri
·
Waktu observasi
Penulis telah melaksanakan observasi
selama satu kali dengan hari dan tanggal sebagai berikut:
Tanggal
|
Waktu
|
Uraian
|
17 September 2015
|
12.30 WIB
13.00 WIB
13.05 WIB- 15.00 WIB
|
§ Menyerahkan
surat izin observasi ke ruang TU
§ Melakukan
pendekatan kepada kepala sekolah dan guru
§ Melakukan
wawancara dengan kepala sekolah dan guru mengenai disiplin kerja pegawai dan
kesehatan dan keselamatan kerja
|
a. Subyek
observasi
Subyek observasi yang penulis pilih untuk narasumber observasi
yaitu 3 guru SMK Negeri 2 Kediri yang bernama
Bapak Drs. Catur Widhopadmono, Bapak Gunarianto, S.Pd.,M.Pd, dan Ibu Diska
Paras Ayu.
b. Teknik
pengumpulan data
Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara
yang melibatkan 3 orang guru SMK Negeri 2 Kediri
1.
Disiplin-Disiplin Yang Ada Di SMKN 2 Kediri
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri (SMKN
2 Kediri) memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum semunya
menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), salah satunya yaitu Tenaga Pendidik
sebanyak 3 orang, Tenaga Administrai Sekolah sebanyak 2 orang, Tenaga
Kebersihan sebanyak 2 orang, Tenaga Keamanan sebanyak 1 orang.
Semua tenaga pendidik yang ada di
SMKN 2 Kediri harus mematuhi disiplin-disiplin dan peraturan yang ada di SMKN 2
Kediri.Di SMKN 2 Kediri juga mempunyai berbagai peraturan-peraturan yang harus
di taati oleh seluruh warga sekolah, namun juga ada pula tata tertib yang
dikhususkan untuk tenaga pendidik yang ada di SMKN 2 Kediri.Menurut keterangan
dari Drs. Catur Widhopadmono selaku Kepala Staff Tata Usaha SMKN 2 Kediri kedisiplinan pegawai
di SMKN 2 Kediri sudah baik, dalam disiplin mengajar, waktu, dan disiplin dalam
menyelesaikan tugas maupun disiplin seragam. Di SMKN 2 Kediri terdapat banyak
disiplin-disiplin dan peraturan yang harus dipatuhi oleh tenaga pendidik
diantaranya adalah :
1. Disiplin
Waktu
2. Disiplin
Kerja
3. Disiplin
dalam Berpakaian
Di SMKN 2
Kediri sudah ditetapkan pakaian-pakaian yang harus dipakai di setiap harinya
dan tidak ada yang boleh melanggarnya dan jika terdapat guru melanggarnya akan
dikenai sanksi-sanksi.
4.
Disiplin menyelesaikan tugas
Diantara tata tertib guru di SMKN 2
Kediri adalah sebagai berikut:
·
Berbusana lengkap dengan atribut
(memakai pin Korpri, label nama, dan kartu identitas) sesuai ketentuan yang
berlaku
·
Tiba di sekolah sebelum bel
pelajaran berbunyi
·
Memarkir kendaraan ditempat parkir
kendaraan dengan rapi
·
Membubuhkan sidik jari di mesin
finger print sebelum bel pelajaran mulai berbunyi
·
Mengikuti upacara bendera
·
Menghadiri rapat dinas
·
Tidak merokok didalam ruang kantor
atau didepan siswa
·
Tidak menggunakan alat komunikasi
handphone di depan siswa
·
Tidak meninggalkan tugas tanpa ijin
Kepala Sekolah
·
Membubuhkan cap jari di mesin Finger Print
sebelum meninggalkan sekolah
·
Tidak meninggalkan sekolah sebelum
bel pelajaran berakhir berbunyi
2. Sanksi Sanksi Yang Diberikan Oleh Pihak Sekolah Jika
Ada Tenaga Kependidikan Yang Tidak Disiplin
Di SMKN 2 Kediri jika ada guru
ataupun tenaga kependidikan yang melanggar tata tertib dan disiplin, di SMKN 2
Kediri akan bertindak tegas dengan memberikan sanksi-sanksi kepada si pelanggar
tersebut. Menurut Bapak Catur, misalnya ada seorang pelanggar maka akan dilihat
terlebih dahulu guru tersebut melakukan pelanggaran ringan, sedang atau berat.
Misalnya datang terlambat itu termasuk pelanggaran ringan, maka dilihat dulu
berapa kali guru tersebut dating terlambat dan dicari tahu dulu apa
penyebabnya. Tetapi jika itu dilakukan secara terus-menerus maka guru tersebut
akan ditindak lanjuti yang pertama dengan memberikan teguran-teguran.
3. Pengaruh Kedisiplinan Guru Dengan Mutu Sekolah Di
SMKN 2 Kediri.
Disiplin seorang guru sangat
berpengaruh penting untuk mutu sekolah, karena di sekolah guru adalah sebagai
panutan para peserta didik. Jika guru sering melanggar tata tertib dan disiplin
maka guru tersebut akan diremehkan oleh para siswanya, dan siswanya pun akan
mengikuti apa yang dilakukan oleh gurunya. Baik itu perilaku baik seorang guru
maupun perilaku buruk seorang guru.Maka dalam hal ini pihak SMKN 2 Kediri
selalu memperhatikan kedisiplinan para guru maupun tenaga kependidikan di
sekolah tersebut.
Disiplin sangat berpengaruh dalam
mencapai tujuan pendidikan dan sangat memperngaruhi mutu di sekolah. Karena
apabila guru di sekolah tidak disiplin maka pandangan masyarakat terhadap
sekolah tersebut akan buruk, dan itu menyebabkan menurunya mutu sekolah. Untuk
menjaga agar mutu pendidikan itu tetap terjaga dan tinggi tujuan pendidikan
akan tercapai, guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik selalu berusaha dan
menciptakan disiplin dalam segala aspek yang berhubungan dengan sekolah dimana
ia bertugas yang menjadi tanggung jawabnya. Menurut Bapak Catur kedisiplinan
sangat berpengaruh, maka pihak SMKN Kediri akan menindak tegas apabila ada guru
yang sering melanggar tata tertib dan tidak disiplin dalam melaksanakan
tugasnya di sekolah.
DAFTAR RUJUKAN
I.S.
Livine (Terjemahan Iral Soedjono). 1980. Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja.
Jakarta: Cemerlang
Hasibuan, Malayu.S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Naja. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia: Disiplin Kerja Pegawai.(Online), (http://www.najasmileforyou.blogspot.co.id) diakses pada tanggal 6 September 2015.
Patimah,
Siti. 2014. Jurnal Pembinaan Disiplin
Guru PNS, (Online), (https://jurnalimprovement.wordpress.com/tag/),
diakses 8 September 2015
Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil
Siagian, Sondang. 2014.Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:
Bumi Aksara
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil
Negara
Wursanto, I. G. 1989. Manajemen Kepegawaian. Yogyakarta:
Kenisisus
makasih buat ilmunya ya mbak..
BalasHapusbisa segera saya peraktekan untuk meningkatkan semangat kerja karyawan saya :)